Coba yang ini

Search

Zenbook UX32VD Kombinasi Portabilitas dan Kemampuan Maksimal


Ultraportable merupakan segmen yang ditawarkan oleh Intel untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang sangat mobile dan butuh notebook berdimensi sangat tipis namun tanpa mengorbankan kinerja dan fitur. Sebagai salah satu produsen utama di dunia komputer, ASUS tentu turut pula menghadirkan produk ultraportable yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

Setelah menghadirkan Zenbook Prime, notebook ultra tipis namun dilengkapi dengan teknologi terkini seperti prosesor terkuat berbasis Intel Core generasi ketiga (Ivy Bridge), layar IPS beresolusi Full HD, backlit illuminated keyboard, serta audio kelas atas dari SonicMaster dan Bang & Olufsen, kini ASUS menghadirkan UX32VD atau Zenbook Prime Hybrid.

Kelebihan utama dari Zenbook Prime Hybrid dibandingkan dengan notebook ultra tipis lainnya adalah kinerjanya yang sangat mumpuni. Seperti diketahui, ukuran tipis yang ditetapkan oleh Intel untuk ultraportable, yakni kurang dari 1 inci atau sekitar 25 milimeter, sangat menyulitkan produsen notebook untuk mendesain produknya dengan komponen-komponen berspesifikasi dan kinerja tinggi.

Namun, dengan keahlian yang dimiliki oleh para engineer ASUS, UX32VD justru bisa diperkuat oleh VGA kelas performa, yakni Nvidia GeForce GT620M, melengkapi Intel HD Graphics serta prosesor Core i5 bahkan i7 yang terpasang di dalamnya. GPU bertenaga ini memungkinkan pengguna Zenbook Prime Hybrid memainkan game berbasis DirectX 11 dengan lancar, apalagi karena GPU tersebut juga memiliki dedicated video memory sebesar 1GB.

Dari sisi kinerja, grafis ini menawarkan peningkatan performa antara 2 sampai 10 kali lipat dibandingkan dengan grafis yang biasa tersedia pada ultraportable notebook. Dan meski menawarkan kinerja tertinggi, pengguna juga tidak perlu khawatir masa aktif baterainya terkorbankan. Dengan Nvidia Optimus, sistem bisa beralih secara otomatis ke grafis terintegrasi jika tidak sedang bekerja penuh. Ini mampu membuat masa aktif baterai menjadi sama dengan notebook ultra tipis lainnya.

 




















Selain dua modus grafis yang disediakan, Zenbook Prime Hybrid juga memiliki kombinasi antara Solid State Drive (SSD) demi kinerja tertinggi dan Harddisk Drive (HDD) demi kapasitas yang lebih lega. Seperti diketahui, media penyimpanan berbasis SSD menawarkan kecepatan hingga 4x lebih tinggi dibandingkan dengan harddisk. Pengguna bisa menginstalasikan sistem operasi, aplikasi dan data-data yang sering digunakan di SSD agar proses boot dan loading lebih cepat. Adapun demi memenuhi kebutuhan penyimpanan data yang besar, ASUS menyiapkan fasilitas HDD berkapasitas 500GB di Zenbook Prime Hybrid ini.

Yang menarik, seluruh komponen-komponen bertenaga tersebut dibalut dalam sebuah notebook yang hanya memiliki ketebalan yang hanya antara 3 sampai 9 milimeter saja. Dan jika Zenbook Prime UX31A memiliki bobot seberat 1,3Kg, tambahan komponen bertenaga pada Zenbook Prime Hybrid UX32VD hanya membuat bobotnya sedikit bertambah, menjadi 1,45Kg saja. Jadi, jika Anda pengguna yang memiliki mobilitas sangat tinggi dan membutuhkan notebook ultra portable yang bertenaga, pastikan notebook tersebut adalah Zenbook Prime Hybrid UX32VD.