Coba yang ini

Search

Program Google

Program Iklan Google

Dengan semakin berkembangnya internet, banyak perusahaan yang memutuskan untuk go-online. Promosi mereka pun seolah-olah sudah menjadi kaharusan untuk dipublikasikan melalui Internet. Selain biaya iklan yang relative murah dibandingkan dengan promosi ‘above the line’ semacam televisi misalnya, promosi lewat internet juga mampu menjangkau pasar sasaran yang lebih luas.

Lalu jenis promosi macam apakah yang cocok dilakukan melalui internet ? Hasil penelitian menunjukan bahwa ternyata mesin pencari atua search engine adalah alat yang paling banyak dipakai oleh pengguna internet untuk mencari informasi.

Menurut Activ Media Reasearch, search engine positioning merupakan metode promosi nomor satu yang digunakan oleh situs web eCommerce dan metode berikutnya adalah dari mulut ke mulut, iklan di majalah, iklan TV, email yang targeted, dan iklan banner.

Dengan jutaan pengunjung yang melakukan pencarian melalui Google, Google nampaknya tidak menyia-nyiakan hal ini karena sampai saat ini iklan boleh dikatakan masih menjadi sumber pendapatan utama Google. Artinya semakin banyak pihak yang beriklan melalui Google semakin banyak pula uang diterima.

Google AdWords

Ditengah maraknya persaingan antar search engine, Google membuat suatu program perikalan yang dikenal dengan nama Google AdWords bagi perusahaan atau perorangan yang ingin memasang iklan melalui Google. Program ini boleh dibilang menjadi satu jawaban bagaiman merancang suatu iklan yang efektif sekaligus efisien.

Dengan Adwords perusahaan bisa menghemat ongkos sekaligus memperoleh kapastian bahwa iklan dibaca oleh mereka yang tertarik. Ini bisa terjadi karena perusahaan atau pihak yang mengiklankan produk atau jasa hanya akan membayar biaya iklan sebatas pada orang yang melakukan klik pada iklan terseubt ( pay per clik ). Selama belum ada orang yang mengklik iklan tersebut maka perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya kendati iklan tersebut telah dimuat/terpampang.

Google akan menayangkan iklan tersebut di halaman pencarian Google. Jika anda pernah mencoba melakukan pencarian melalui Google, Anda tentu pernah melihat beberapa iklan AdWords yang terpampang di halaman pencarian tersebut dengan keterangan add by Google. Iklan yang ada pada kolom add by Google itulah iklan milik perusahaan yang beriklan melalui Google Adwords. Cobalah mencari ‘money machine’ pada kota pencari Google, maka akan muncul beberapa halaman web dengan keywood ‘money machine’ dengan keterangan add by google.

Google AdSense

Selain terpampang di halaman pencarian Google, iklan dari advertiser juga bisa muncul di halaman-halaman web atau blog. Program inilah yang dinamakan dengan AdSense. Dengan AdSense pemilik halaman yang mau menyisakan sedikit ruang di halaman blog atau web akan mendapatkan imbalan dari advertiser (dengan perantara Google) atas jasanya dalam menempatkan iklan iklan tersebut.

AdSense bisa diibaratkan seseorang yang menyewakan lahan atau bangunan yang dia miliki untuk ditempati iklan di mana dia akan mendapatkan uang atas jasanya. Jadi AdSense akan mengiklankan AdWords, begitu gambaran mudahnya.

Jika anda belum bisa memahami atau membayangkan apa itu AdSense, coba lihat di http://www.e-tradeworld.com. Pada halaman situs ini muncul link yang ditandai dengan keterangan ads by Google dan mesin pencari Google.

Jika iklan AdSense berupa text tersebut di klik oleh pengunjung atau kolom mesin pencari digunakan untuk mencari informasi yang masuk dalam katagori add by Google, maka pemilik situs tersebut akan mendapatkan uang dari setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung.















Sumber : Taufik Hidayat - Buku : Langkah Mudah Meraup Dolar Lewat Internet